Monday, November 24, 2014




   

Halo semua, jumpa lagi dengan saya di postingan baru. memang blog ini baru saya update 1 bulan berikutnya karena ada masalah dengan koneksi internet di rumah saya.

Kali ini saya akan membahas tentang senjata Jepang. Saya sebenarnya menyukai Negara Jepang jika melihat dari otomotifnya, makanannya, dan wanitanya (lol, bercanda). Ya sudah, langsung mulai saja :

1. Katana

adalah pedang tradisional Jepang. Pemiliknya biasa disebut Samurai. Maka dalam Bahasa Inggris, bisa disebut Samurai Sword. Ciri fisik katana ini berupa bentuknya yang melengkung, ramping, dan memiliki satu sisi yang tajam. Ada juga versi lain dari Katana, yaitu 1 set yang terdiri dari Katana biasa dengan Katana yang lebih pendek (Wakizashi). Set ini dikenal dengan Daisho.

Katana














Daisho










2. Sai

adalah senjata tradisional Jepang yang biasa digunakan di seni bela diri Okinawan. Ciri - ciri dari Sai ini adalah berujung lancip dengan kedua cabang yang melengkung untuk pegangan dari Sai. Sebenarnya, Sai dari Jepang ternyata terinspirasi dari senjata tradisional yang cukup populer Indonesia yang bernama Cabang, atau biasa dikenal sebagai Trisula. Hal ini diketahui dari bentuknya yang hampir sama ketika dijajarkan.



3. Yari

adalah tombak yang diberi ujung (terbuat dari besi) yang bernama Nihonto. Ilmu bela diri yang mempelajari Yari adalah Sojutsu. Yari pertama, diperkirakan terinspirasi dari tombak buatan Tiongkok. Yari biasanya terbuat dari tongkat kayu yang diberi ujung besi yang runcing (hampir seperti Sai). Jika ujung tersebut runcing, tetapi melengkung menyerupai Katana pendek, maka senjata ini disebut Naginata, akan dijelaskan di bawah.

4. Naginata
adalah tombak yang bentuknya seperti Yari. Perbedaan mendasar dari Naginata dan Yari adalah ujung tombaknya. Yari memiliki ujung tombak yang runcing (hampir seperti Sai), sedangkan Naginata memiliki ujung tombak yang ujungnya melengkung (hampir seperti Katana). Naginata biasa digunakan oleh prajurit Jepang pada masa lalu. Ilmu yang mempelajari Naginata disebut Naginatajutsu

5. Kama
Kama adalah Bahasa Jepang dari sabit. Siapa sangka, sabit yang biasa digunakan untuk bercocok tanam bisa digunakan sebagai senjata. Sabit Kama biasanya terbuat dari mata pisau yang tumpul. Kegunaannya adalah untuk menangkis serangan musuh, menjebak, bahkan untuk melucuti senjata musuh.


Versi 'keren' dari Kama adalah di bawah ini.
6. Kusarigama
Kusarigama terdiri dari kata Kusari, yang berarti rantai dan Kama, yang berarti Sabit. Kusarigama terdiri dari 3 bagian, yaitu sabit, rantai, dan semacam pemberat. Biasanya, orang menggunakan pemberat untuk membuat musuh lengah (bisa dipukulkan ke kepala lawan atau mengikat senjata yang dibawanya), kemudian menghabisinya dengan sabit. Ilmu yang mempelajari cara menggunakan Kusarigama disebut Kusarigamajutsu.



dan juga masih banyak lagi senjata tradisional Jepang yang lainnya, namun tidak tercantum di posting ini. Mungkin saya akan menambah lagi, atau membuat postingan tentang senjata tradisional Tiongkok ya?? Sekian dulu, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!